Bersyukur dan Ikhlas.. Jika Seseorang memikirkan apa yang bisa Dia lakukan tanpa memikirkan apa yang bisa Dia dapatkan...

Senin, 14 Februari 2011

Cek Power Supply Unit (PSU) ATX

Power supply unit (PSU) adalah komponen yang memasok daya ke komponen lain dalam suatu komputer. PSU biasanya dirancang untuk mengkonversi alternating current (AC) tenaga listrik dari listrik yg bertegangan (100-127V) yg berlaku di Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, Jepang, dan Taiwan; (220-240V) di sebagian besar seluruh dunia terhadap daya tegangan arus searah (DC), untuk komponen internal komputer. Beberapa PSU telah memiliki tombol untuk mengubah tegangan 230 V dan 115 V. Model-model lain malah memiliki sensor otomatis untuk mengubah tegangan input secara otomatis.
Untuk dapat melihat kondisi PSU itu masih dapat dipakai atau tidak tanpa harus dipasang di PC dulu, yakni :

  1. Siapkan kabel pendek kira-kira 7 – 8 cm yg masing2 ujungnya sudah dikupas atau clip kertas yg sudah diluruskan kemudian dibengkokkan lg seperti huruf U.
  2. Cari kabel yg berwarna hijau dan hitam pada PSU (untuk warna hitam kabelnya lebih dari satu akan tetapi pilih salah satunya aja).
  3. Setelah ketemu kabel yg dicari masukkan kabel yg sudah dikupas ujungnya atau clip kertas yg sudah dibentuk seperti huruf U tadi ke lubang pin kabel yg berwarna hijau dan hitam tsb sehingga tersambung.



  4. Kemudian colokkan kabel power ke PSU dan ke aliran listrik PLN.  
  5. Jika kipas pada PSU berputar berarti ada kemungkinan PSU nya msh bisa dipakai jika tidak berputar kemungkinan sebaliknya.
  6. Adakalanya kipas pada PSU itu berputar tetapi ketika dipasangkan dengan motherboard, hardisk dll nya PC tetap tidak bisa nyala atau nyala tapi suka hang, restart atau blue screen, bisa dikatakan PSU itu mulai ngedrop.
  7. Agar lebih meyakinkan PSU itu masih bisa terpakai atau diservice atau di ‘lem biru’ ukur tegangan Output DC PSU dengan Multitester.
                              

                                         Tabel Tegangan Output DC PSU
Warna
Skala Multi
Posisi Probe Multi
Hasil (Volt DC)
Merah
Hitam
Kuning
50 VDC
Kuning
Hitam
10 – 13 VDC
Merah
10 VDC
Merah
Hitam
4 – 6 VDC
Biru
50 VDC
Hitam
Biru
10 – 13 VDC
Putih
10 VDC
Hitam
Putih
4 – 6 VDC
Orange
10 VDC
Orange
Hitam
3 – 5 VDC
Ungu
10 VDC
Ungu
Hitam
4 – 6 VDC
Abu-abu
10 VDC
Abu-abu
Hitam
4 – 6 VDC

Keterangan :
  • Pins 8, 13, and 16 (shaded) are control signals, not power:
    • "Power On" is pulled up to +5V by the PSU, and must be driven low to turn on the PSU.
    • "Power good" is low when other outputs have not yet reached, or are about to leave, correct voltages.
    • The "+3.3 V sense" line is for remote sensing.[8]
  • Pin 20 (formerly −5V, white wire) is absent in current power supplies; it was optional in ATX and ATX12V ver. 1.2, and deleted as of ver. 1.3.
  • The right-hand pins are numbered 11–20 in the 20-pin version.
Dari berbagai sumber ...

Postingan Terkait Lainnya :



0 komentar: