Bersyukur dan Ikhlas.. Jika Seseorang memikirkan apa yang bisa Dia lakukan tanpa memikirkan apa yang bisa Dia dapatkan...

Minggu, 21 Agustus 2011

Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Natal Pada 25 Desember

Benarkah Isa Al masih atau kaum Kristiani sering menyebutnya Yesus itu lahir pada tanggal 25 Desember...?? yang mana pada sampai saat ini terus diperingati sebagai perayaan Natal umat Kristiani.

Sebenarnya tidak ada data atau sumber yang dapat menyebutkan bahwa benar kalau Yesus lahir pada tanggal 25 Desember, malahan ada yang mengatakan kalau Yesus lebih tepatnya lahir sekitar bulan September atau awal Oktober, karena pada tanggal 25 Desember itu merupakan musim dingin. Sedangkan menurut Al quran bahwa Yesus itu jelas lahir pada musim panas di saat pohon - pohon kurma sedang berbuah (Surah Maryam : 23-25).

Kenapa bisa begitu..??...ternyata... hal ini bermula... dari pernyataan Paus Liberius sekitar tahun 325-354 yang menetapkan Natal itu pada tanggal 25 Desember dan ini juga bertepatan dengan penyembahan Dewa Matahari pada masa kekuasaan Kaisar Konstantin. Hal ini terjadi karena ketidak mampuan pada saat itu untuk meninggalkan adat istiadat rakyatnya untuk menyembah Dewa Matahari atau dikenal dengan Sun Day (Sun=Matahari, Day=Hari) yang lahir pada tanggal 25 Desember.

Untuk Mengatasi keadaan tersebut maka diadakanlah sinkretisme yaitu memadukan unsur Agama - Adat/berhala dengan menyatukan kelahiran Dewa Matahari dengan Kelahiran Yesus dengan tujuan agar agama Katolik pada masa itu bisa diterima. Dan pada saat itu juga hari Minggu (Sunday) menggantikan hari Sabat yang menurut hitungan jatuh pada hari Sabtu, Mengganti lambang Dewa Matahari (Sinar yang bersilang) menjadi lambang kaum Kristiani, dan membuat patung Yesus untuk menggantikan patung Dewa Matahari.

Jadi begitulah ceritanya asal usul atau sejarah Natal 25 Desember ... Wallahu a’lam bish showab

Postingan Terkait Lainnya :