Bersyukur dan Ikhlas.. Jika Seseorang memikirkan apa yang bisa Dia lakukan tanpa memikirkan apa yang bisa Dia dapatkan...

Jumat, 26 November 2010

XP Mode pada Windows 7 Home Versi & Vista


Pernah kah Anda menjalankan atau menemukan suatu aplikasi/software yg tidak bisa jalan di Windows Vista atau Windows 7 Home Premium ??...
 
Ada salah satu cara untuk mensiasatinya...
 
Salah satu fitur keren di Windows 7 adalah XP Mode. Namun, itu hanya tersedia untuk Windows 7 Profesional dan atas, untuk pengguna Home Edition dan Vista masih kurang beruntung. Hari ini kita akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara agar Anda bisa membuat sendiri XP Mode yang berjalan di Vista atau Windows 7 Home Premium.


Bagaimana cara kerjanya?

Jika Anda mempunyai Windows 7 Home Premium dan Windows Vista yang tidak berlisensi yang akan mendownload  XP Mode dari Microsoft maka Anda akan melihat pesan berikut:




VMware Player dapat membantu Anda menjalankan XP Mode tanpa virtualisasi hardware.Bahkan VMware Player tidak memiliki link untuk mengimpor XP Mode jika Anda komputer berjalan 7 Home Premium atau Vista.




Namun, jika Anda memiliki salinan hukum Windows XP, maka Anda dapat dengan mudah menciptakan XP Mode dengan VMware Player gratis. Artikel ini akan menunjukkan cara cepat dan mudahnya untuk mendapatkan salinan virtual dari XP berjalan di komputer manapun, bahkan jika itu berjalan 7 Home Premium atau Windows Vista.


Mari Kita Mulai


Pertama, download dan instal VMware Player (link ada di bawah artikel) , tapi memerlukan pendaftaran.


 


Anda mungkin melihat beberapa petunjuk tentang cara instal driver;.. kemudian Anda akan diminta me-restart komputer Anda.



Buat sendiri XP Mode

Setelah komputer di reboot, start up VMware Player dan memasukkan CD Windows XP di drive CD anda Dalam contoh ini kita menggunakan salinan Windows XP Professional,. Tapi akan bekerja sama dengan edisi XP.

Dalam VMware Player, klik link di bagian atas yang mengatakan "Membuat Virtual Machine Baru."


VMware secara otomatis mendeteksi CD Windows XP, dan mengatakan akan menginstalnya dengan cara Easy. Hal ini akan memungkinkan Anda menginstal XP dengan hanya 5 klik! Klik Next untuk melanjutkan.


Sekarang masukkan Serial Number XP, dan nama dan password pilihan And, next


Berikut VMware secara otomatis akan memasukkan nama sistem operasi anda dan memilih lokasi default untuk menyimpan file anda atau bisa di ubah jika Anda inginkan.


Anda dapat memilih seberapa besar virtual hard drive yg anda inginkan.. Defaultnya adalah 40GB, tetapi Anda dapat memilih ukuran yang berbeda. Perlu diketahui bahwa seluruh 40GB tidak akan diambil pada hard drive Anda, kami bersih hanya menginstal 1.4GB pada hard drive komputer.


Pada Customized Hardware Anda dapat memeriksa dan membuat perubahan di sini, atau cukup tekan Finish untuk mulai menginstal XP.


Dari sini, VMware akan mengambil alih pekerjaan, Anda tidak perlu klik apa-apa lagi sampai XP terinstal lengkap!. Ini akan berjalan otomatis, termasuk format hard drive virtual,



Menyalin  XP file ke hard drive,



Dan selesai menginstal.


Semuanya akan bekerja secara otomatis, sehingga Anda dapat benar-benar meninggalkannya tanpa pengawasan pada saat menginstal. Dibutuhkan sekitar 20 menit untuk menginstal. Setelah penginstalan selesai, Anda akan disajikan tampilan desktop Windows XP dan siap untuk digunakan!


VMware Player akan secara otomatis meluncurkan installer VMware Tools untuk mengintegrasikan XP virtual Anda dengan komputer Anda. Ini mungkin harus men-download atau mengupdate alat, jadi jika Anda melihat spanduk kuning di bagian bawah jendela cukup klik Update Tools atau Instal Tools tergantung pada situasi.


Alat otomatis akan mendownload dan menginstal, namun mungkin Anda harus menyetujui sebuah UAC prompt.


Setelah alat-alat yang didownload atau diupdate, mereka akan dijalankan secara otomatis di XP. Jika tidak, klik Start, kemudian My Computer, dan akhirnya klik dua kali pada  icon VMware Tools.


Sekarang, jalankan installer Tools dengan tipe setup Typical, dan reboot XP kalau sudah selesai.


Sekarang XP Anda sudah terinstal lengkap, sehingga Anda dapat melanjutkan untuk mengintegrasikan dengan komputer anda seperti XP Mode!

Mengintegrasikan XP Mode di VMware Player dengan Windows 7 atau Vista

Keuntungan dari default XP Mode di Windows 7 adalah program XP sepenuhnya terintegrasi dengan Windows 7. Anda dapat menjalankannya dengan program lain, menyalin , membuka dan menyimpan file ke folder yang sama.

Mari kita atur hal ini di VMware. Copy dan paste dari Windows 7 atau Vista ke XP di VMware . Untuk menggunakan program XP secara mulus dengan Windows 7, klik VM di bagian atas jendela VMware, dan klik "Enter Unity. "


Anda dapat dengan mudah mengakses setiap program atau file dalam modus XP melalui Mode XP di Start Menu. Ketika Anda membawa lebih dari 7 tombol Windows Start, tombol baru yang disebut "Windows XP Mode" akan ada di atasnya lalu Klik .



Dan bekerja sama persis pada Windows Vista.


Berikut ini adalah jendela dari IE 6 XP yang berjalan side-by-side dengan IE 8 di Windows 7, berkat VMware Player!


Software ini dijamin dapat bekerja pada edisi Windows 7 atau Vista, termasuk versi Home.


Secara default, jendela virtual akan memiliki borders dan logo VMware.


Untuk menghapus logo ini, klik VM di jendela VMware, kemudian Options. Klik pada tab Options, dan pilih Unity di sebelah kiri. Sekarang hapus centang pada kotak yang mengatakan "Show borders" dan "Show badges."


Tanpa memiliki borders dan lencana akan memberikan nuansa dan tampilan XP lebih otentik.


Anda bahkan dapat menggunakan perangkat removable, seperti flash drive, di XP Mode di VMware Player. Setiap kali Anda menghubungkan perangkat baru ke komputer Anda, VMware akan mengingatkan bahwa Anda bisa menambahkannya ke XP mode.


Cukup klik VM, lalu Devices Removable Pilih nama perangkat Anda,. Dan klik Connect.


Simpan File dalam Mode XP ke My Documents pada Windows 7 atau Vista

Secara default, file yang dibuat di XP di VMware Player akan disimpan dalam mesin virtual Ini akan lebih nyaman jika langsung disimpan ke folder My Documents pada Windows 7 (atau folder Dokumen di Vista), jadi mari kita lakukan perubahan ini.. Klik VM, kemudian Option. Klik tab Options, kemudian pilih Shared Folder di sebelah kiri. Sekarang klik di jendela sebelah kanan untuk "Always enable" dan centang kotak "Map as a network drive in windows guests."


Sekarang klik Add di bagian bawah jendela . Ini membolehkan kita untuk menambahkan folder.


Mari kita menambahkan folder My Documents dari Windows 7 (atau folder Dokumen di Vista) Klik Browse,. Dan kemudian pilih My Documents folder. Klik Ok, kemudian klik Next.


Centang  "Aktifkan Enable this share" dan kemudian klik Finish. Sekarang Anda dapat menutup jendela pengaturan juga.



Kembali di XP, klik Start, kemudian klik kanan pada My Documents, lalu pilih Properties.



Klik Move untuk menemukan folder My Documents baru.


Cari folder kita untuk berbagi dari Windows 7 atau Vista dengan mengklik My Computer, maka drive yang mengatakan "Shared Folder pada 'vmware-tuan rumah'" atau yang serupa. Sekarang pilih folder, Dokumen, dan klik Ok.


Klik Ok di jendela. Jendela ini menawarkan untuk menyalin file dari folder My Documents lama Anda ke yang baru;. Pilih Ya untuk memastikan Anda memiliki semua dokumen Anda di Windows 7.


Sekarang, setiap kali Anda ingin  pergi untuk menyimpan file di XP, maka secara otomatis akan tersimpan didalam folder My Documents pada Windows 7 atau Vista, tergantung pada  keinginan Anda. Anda dapat mengulangi proses yang sama untuk setiap folder yang Anda inginkan, seperti di My Pictures dan My Music folder.

Kesimpulan

Anda benar-benar dapat menjalankan Windows Virtual PC pada setiap komputer Windows 7, bahkan yang berjalan Home Premium sekalipun yang tidak memenuhi syarat untuk XP Mode , Anda dapat menginstal XP di dalamnya, kemudian instal komponen integrasi Virtual PC,. Dan akan bekerja persis seperti default XP Mode. Jika Anda ingin mencoba ini diluar, download Virtual PC pada link di bawah ini (pastikan untuk memilih Profesional untuk edisi Windows Anda ... walau Home Premium dilisensikan untuk dapat menjalankan Virtual PC dengan baik, download tidak ditawarkan secara default).
Sumber : howtogeek.com


Postingan Terkait Lainnya :



0 komentar: