Bersyukur dan Ikhlas.. Jika Seseorang memikirkan apa yang bisa Dia lakukan tanpa memikirkan apa yang bisa Dia dapatkan...

Senin, 04 April 2011

10 Tips untuk Windows 7

Pada Windows 7 banyak sekali fitur yg telah di perbaiki untuk merampingkan alur kerja dan mencegah kita untuk pusing 7 keliling seperti yg terjadi pada Windows Vista. Tapi Kamu bisa membuat Windows 7 lebih mudah digunakan dengan mengambil keuntungan dari beberapa perangkat tambahan yg dimilikinya... yg mungkin telah Kamu dengar sebelumnya.

pcmag.com menyajikan sepuluh tips yang dapat menghemat waktu, yang membuat sistem Kamu lebih mudah mudah untuk digunakan dan memberi Kamu akses lebih cepat ke program-program yang umum digunakan.
Tip #1

Handy Keyboard shortcuts

Windows 7 mempunyai beberapa jalan pintas pada keyboard. Pelajari kombinasi keystroke dan Kamu akan menghemat pemakaian mouse sepanjang hari.

Catatan Bagi mereka yang belom tahu, "Windows Logo" mengacu pada kunci dengan bendera Windows di atasnya, umumnya terletak antara tombol Ctrl dan tombol Alt, di sebelah kiri tombol spasi.

# Menampilkan atau menyembunyikan preview panel Explorer : Alt-P
# Tampilan gadget di depan jendela lain: Windows Logo-G
# Zoom in : Windows Logo-+ [tanda plus]
# Zoom out : Windows Logo-- [tanda minus]
# Maximize window : Windows Logo-Panah Atas
# Minimize window : Windows Logo-Panah Bawah
# Snap ke sisi kiri layar : Windows Logo-Panah Kiri
# Snap ke sisi kanan layar : Windows Logo-Panah Kanan

Tip #2

Create Keyboard Shortcuts for Programs


Membuat Shortcut Keyboard untuk Program, Selain menggunakan shortcut default Windows 7, Kamu juga dapat membuat cara pintas Kamu sendiri untuk memulai program favorit .

Pertama, klik kanan pada ikon program, pilih Properties untuk membuka dialog Properties. Klik pada Shortcut tab dialog, klik pada kotak teks Shortcut key, dan ketik tombol yang ingin Kamu gunakan untuk program itu.

Tip #3
Jump Lists

Pada Windows 7 Jump Lists muncul pada menu Start dan tombol Taskbar untuk program-program yang mendukung fitur tersebut. Jump Lists akan memberikan Kamu akses cepat ke program yg sering digunakan atau untuk membuka file baru.
Untuk mengakses Jump Lists Kamu bisa klik pada tanda panah kanan di entri menu Start program, atau klik kanan ikon pada taskbar atau klik kiri dan drag daftar yg terbuka. Jika ada dokumen yang ingin Kamu buat agar selalu dapat diakses dari Jump Lists, Kamu bisa klik pada icon pushpin di kanan masuknya dokumen.

Tip #4 
Clean Up Your Screen

Aero shake ini berfungsi untuk meminimize atau maximize jendela atau window yang lain ketika window / jendela yang sedang terbuka kita goyang-goyangkan menggunakan mouse. Coba pilih window yang Kamu kehendaki dan kemudian goyangkan kekiri dan kekanan atau sebaliknya dengan cara klik tahan dan drag window tersebut kekiri dan kekanan. Maka jendela atau window yang lain secara otomatis akan menjadi minimize. Jika lakukan sekali lagi, maka jendela yang minimize akan menjadi maximize lagi.

Untuk mengaktifkannya Klik start dan ketik gpedit.msc tekan enter
Maka akan muncul jendela Local Group Policy Editor Pilih User configuration > Administrative templates > Desktop Pada jendela sebelah kanan klik 2x pada Turn off Aero Shake window minimizing mouse gesture

Pada jendela yang muncul Pilih salah satu pilihan, yaitu : pilih Disable atau Not configured untuk mengaktifkan fitur Aero Shake atau pilih Enabled untuk menonaktifkan fitur aero shake  klik OK

Tip #5
Aero Peek


Pilihan lain untuk navigasi layar penuh dengan windows Aero Peek. Aero Peek berfungsi membuat atau menjadikan seluruh window atau jendela menjadi kelihatan transparan.

Dari Taskbar Properties:
  • Klik kanan pada taskbar > properties
  • Pada jendela yang muncul beri tanda centang pada Use Aero Peek to preview the desktop di bagian bawah jendela
  • Klik OK
Dari Computer Properties
  1. Klik kanan Computer > Properties
  2. Pada jendela yang muncul klik Advanced system settings
  3. Muncul jendela system properties, pada tab advanced di Performance Klik Settings
  4. Muncul jendela performance options, pada visual Effects beri tanda centang pada Enable Aero Peek
  5. Klik Apply dan OK
Untuk melihat hasilnya, coba arahkan mouse kearah pojok kanan bawah pada taskbar ( show desktop ), maka seluruh window atau jendela yang aktif menjadi transparan. Dengan mengaktifkan fitur aero peek ini juga bisa melihat preview jendela yang kita sorot. Coba saja arahkan mouse kearah preview window dari taskbar, maka jendela preview yang disorot akan tampak, sedangkan jendela yang lain menjadi transparan. Untuk mengakses fitur aero peek ini bisa dilakukan dengan kombinasi tombol Windows Logo + Space pada keyboard. Untuk berpindah ke window atau jendela yang lain bisa digunakan kombinasi tombol Alt + Tab.

Tip #6 
Search the Web from Your Desktop


Salah satu fitur baru yang sangat powerful dari Windows 7 adalah “Search Federation”, kemampuan untuk mencari dokumen yang berada di server lain, misalnya Flickr, YouTube, MSN, Google News, dan sebagainya, melalui interface search yang native di Windows 7, Kamu dapat menggunakan Windows 7 sebagai alat pencarian online tanpa harus meluncurkan web browser, dengan menggunakan konektor pencarian.  

Misalnya, jika Kamu ingin mencari video YouTube dari desktop Kamu, Kamu hanya harus men-download dan menginstal konektor pencarian YouTube. Ini akan menambahkan "YouTube Search" option untuk folder Searches Kamu, yang memungkinkan Kamu menelusuri YouTube dari desktop Kamu.

Kamu juga bisa menemukan banyak search connector di Internet yang memungkinkan Kamu mencari dokumen dari banyak situs seolah-olah situs itu adalah bagian dari data yang Kamu miliki di dalam komputer Kamu.

Tip #7 
Make Internet Explorer 8 Load Faster


Kamu dapat membuat IE8 lebih cepat dengan menonaktifkan add-ons yang memperlambatnya. Untuk dapat melihat - lihat add-ons yang Kamu butuhkan atau tidak...

Arahkan pointer Kamu ke Tools > Manage Add-ons. Klik opsi Toolbar & Extensions pada bar sebelah kiri. Klik kanan mouse Kamu pada kursor Load time column dan pilih enable. Maka terlihat disitu berapa lama waktu yang terjadi pada setiap loading addon yang digunakan.

Jika ingin lebih cepat lagi, Kamu bisa menonaktifkan semua addons atau addons tertentu dengan memilih disable addons.

Tip #8 
Combine Taskbar Icons


Bila Kamu membuka aplikasi sekaligus, maka akan terasa sulit untuk menavigasi mereka semua. Untungnya, Windows 7 dapat membantu Kamu menggabungkan ikon agar taskbar Kamu tetap rapi  dan terorganisir. Untuk menggabungkan ikon taskbar, klik kanan tombol Start, masuk ke Properties > Taskbar, dan Taskbar Tombol di bawah dan pilih "Always Combine, Hide Labels" or "Combine when taskbar is full."  Atau, jika Kamu ingin melihat segala sesuatu dengan label, Kamu dapat memilih Jangan menggabungkan.

Tip #9 
Troubleshoot and Document System Problems



Salah satu tool baru yang ada di Windows 7 yaitu Problem Steps Recorder, tool ini berguna untuk merekam langkah demi langkah problem yang terjadi pada komputer. Tool ini sangat berguna karena akan merekam langkah-langkah dari awal sampai terjadinya erorr. Untuk menjalankan Problem Steps Recorder, buka Start - ketik 'PSR' (tanpa kutip) pada Instant Search kemudian klik PSR dan hasil recording ini akan di simpan di dalam file .zip dan jika diekstrak di dalamnya terdapat file .mht (MHTML document) dan file.zip tsb bisa dikirim ke ahlinya untuk dapat mempelajari dan memecahkan masalah tsb.

Tip #10   
Add Videos to Your Start Menu


  
Tambahkan Video ke Menu Start Kamu, Kamu dapat membuat perpustakaan video yang mudah diakses dan menambahkannya di Start Menu.

Untuk melakukannya, klik kanan tombol Start, masuk ke Properties > Start Menu > Customize and set the Videos to " Display as a link." Ada banyak pilihan untuk dapat Kamu tampilkan di menu Start, Kamu dapat Memilih "Display as a link" yang akan menempatkan pilihan teks di sisi kanan menu Start, atau memilih "Display as a menu" yang akan menambahkan menu flyout ke link dengan subchoices.

pcmag.com + others

Postingan Terkait Lainnya :