Bersyukur dan Ikhlas.. Jika Seseorang memikirkan apa yang bisa Dia lakukan tanpa memikirkan apa yang bisa Dia dapatkan...

Selasa, 23 Agustus 2011

Pengertian Domain dan Hosting

Anda mungkin pernah bertanya, Apa sih Domain dan apa sih Hosting itu, di kesempatan ini saya coba untuk berbagi info yang saya tau mengenai domain dan hosting ini dan menjelaskan secara singkat mengenai pengertian domain dan hosting tersebut.  

Domain

Anda pasti sering mendengar istilah .net .com .org .edu dan lain sebagainya, yang sering ditemukan untuk alamat web/situs seperti yahoo.com, facebook.com, google.com nah itulah yang di namakan dengan Domain, jadi Domain itu adalah suatu nama yang unik, yang diberikan untuk mengidentifikasikan suatu server komputer seperti web server atau email server di suatu jaringan komputer ataupun internet. Domain seperti itu sering disebut juga dengan istilah Top Level Domain (TLD) atau URL (Uniform Resource Locator).

Selain itu ada lagi istilah Subdomain seperti .co.cc .cz.cc .co.id dan lain sebagainya yang mana merupakan bagian dari nama domain induk seperti yang diatas. Nah untuk subdomain ini banyak yang gratis selain .co.id tentunya, sedangkan untuk domain itu sendiri kita diharuskan untuk membayarnya dan masa kontraknya biasanya satu tahun. 
Untuk .id itu merupakan TLD yang mewakili suatu negara dan ini biasanya dijual dengan sub yang mewakili suatu bentuk organisasi seperti : 


  • co.id  (komersial, badan usaha dan sejenisnya)
  • net.id  (penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi)
  • go.id  (institusi pemerintah dan sejenisnya)
  • mil.id  (instansi militer)
  • ac.id  (akademik, universitas, perguruan tinggi dan sejenisnya)
  • sch.id  (sekolah)
  • or.id  (organisasi selain organisasi di atas)web.id  (pribadi atau komunitas)
Untuk nama subdomain lokal tersebut untuk pendaftarannya emang agak sedikit ribet karena harus didukung dengan dokumen-dokumen tertentu, tidak seperti mendaftar untuk domain global (Com, Net, Org ...dsb). Emang kalau menurut saya domain lokal tersebut lebih menunjukkan Prestise dan legalitas perusahaan/organisasi nya lebih ditekankan. Jadi tidak sembarang orang bisa mendaftar untuk nama nama domain tersebut.

Hosting

Hosting merupakan suatu tempat kita meletakkan file - file atau data yang akan kita tampilkan di suatu website yang akan dihubungkan dengan nama domain. Jadi bisa digambarkan seperti kita punya Perusahaan atau toko, domain itu ibarat nama toko atau perusahaannya  sedangkan hostingnya itu berupa toko/perusahaannya.

Nah untuk Hosting ini banyak yang menawarkan gratis dan biasanya dengan keterbatasan tentunya. Untuk yang yang gratisan ngga ada salahnya untuk dicoba tapi setidaknya yang udah punya nama besar seperti 000webhost.com, freehostia.com, x10hosting.com110mb.com, dan lain sebagainya, karena berdasarkan pengalaman, saya pernah kehilangan data gara - gara penyelenggara hosting nya tiba-tiba menghilang.

Banyak tawaran hosting gratis namun biasanya selalu ada banner atau iklannya sehingga mengganggu tampilan situs Anda. Hosting gratis tentu saja tidak menyediakan semua fasilitas penuh untuk mengelola website.

Dah cukup sampai disini dulu yah.. info nya... (Najwashabira)

Postingan Terkait Lainnya :



0 komentar: